@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

WELCOME TO BLOG ROMENTIC BLUES

Rabu, 28 Oktober 2009

Cara Menginstall Vmware

VMware adalah program virtualisasi beberapa PC (Personal Computer). Maksudnya beberapa PC adalah dengan program VMware ini kita bisa menginstall OS (Operating System) sebanyak yang kita mau dan dapat dijalankan bersamaan sesuai batas kemampuan PC yang kita gunakan. Karena setiap OS membutuhkan virtual memory (diambil dari memory utama PC) dan virtual hardware yang dibutuhkan, maka OS yang dijalankan secara bersamaan menjadi terbatas. Untuk percobaan ini saya install VMware di OS windows, dengan VMware yang telah di install ini kita bisa menginstall OS lagi baik itu linux, windows ataupun OS lainnya seperti mikrotik. OS yang telah di install dengan VMware disebut juga “appliance“.
Kalau sudah punya software nya silahkan in
stall dengan meng-klik 2x file setup nya. ikuti langkah2 instalasinya dan yang terakhir dalam proses instalasinya akan diminta Serial Number dari software VMware ini. Masukkan serial number yang sudah ada.

1. Klik Enter maka proses instalasi akan selesai dan akan ada permintaan “restart” dari komputer.

2. Setelah proses restart selesai, jalankan program VMware.

3. Klik “new virtual machine” untuk membuat sebuah PC virtual yang baru.

4. pilih jenis OS yang akan diinstall. untuk percobaan ini saya akan ingin menginstall OS mikrotik, maka saya pilih Other.

5. Beri nama virtual PC yang sesuai dengan OS yang akan di install ,Kemudian akan ada pilihan jenis NIC (Network Information Center)/ethernet virtual yang akan digunakan untuk OS yang akan di install. Klik “next”,kalau sudah diatur ,selanjutnya klik “finish”.

Dan hal yang terpenting adalah tinggal mengatur devicenya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar