@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@@

WELCOME TO BLOG ROMENTIC BLUES

Rabu, 22 September 2010

Tugas 1 NETADMIN (Internet ,Intranet ,Eksternet dan InterNetworking)

1. Internet adalah Intercenneted network atau lebih dikenal dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komuniasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsug maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lain menggunakan unique name yang bisa disebut alamat IP 32 bit.

Kesimpulan :
Internet komunikasi jaringan dengan jaringan ,dimana jaringannya lebih luas dan global dikarenakan menggunakan jaringan berbasis protokol TCP/IP dan dapat digunakan berkomunikasi ke seluruh dunia.


2.Intranet merupakan sebuah jaringan yag dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalam nya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknoogi komunikas data. Intranet juga menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirimdan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun.

kesimpulan :

Intranet hanya dapat digunakan di sekitar daerah yang berkomunikasi dengan intranet yang bersifat lokal dimana bisa anatar hubungan instansi ,seperti perusahaan dan lembaga pendidikan.

3.Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

kesimpulan :

Eksternet sebenarnya adalah kolaborasi dari internet dan intranet dimana secara infrastrukturnya tersebut komunikasi antara intranet yang dihubungkan dengan internet,disini keamanan dubutuhkan untuk menjaga privasi user.

4.Internetworking adalah praktek menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan lainnya melalui penggunaan gateway yang memberikan metode umum dari routing informasi paket antara jaringan. The resulting system of interconnected networks is called an internetwork , or simply an internet . Sistem yang dihasilkan dari jaringan yang saling berhubungan disebut internetwork, atau hanya sebuah internet.

kesimpulan :
Internetworking sebenarnya sama dengan internet cuma konsep infrastrukturnya saja
yang agak berbeda dimana jaringannya meluas dengan kebutuhan pengembangan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN atau lokal dari beberapa jenis WAN .


Sumber :

- untuk Internet ,Intranet dan Eksternet
http://ictcenter-purwodadi.net/pustakamaya/files/disk1/2/ict-100-1001--lbudihando-71-6-babvii-t.pdf
http://kangbudhi.wordpress.com/2007/09/12/teknologi-jaringan-intranet-ekstranet-dan-internet-di-perpustakaan/
http://thathit.wordpress.com/2010/02/22/apa-itu-internet-intranet-dan-extranet/

- untuk InterNetworking
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Internetworking



Tidak ada komentar:

Posting Komentar